Saturday, May 14, 2005

It's All About My Name...

Mungkin, ada benernya juga pepatah yang bilang apalah arti sebuah nama. Artinya kurang lebih begini, ente bisa berganti nama suka-suka tanpa ada yang ngelarang. Sekarang brodin, besok edy, besoknya lagi Kevin etc. soalnya, apapun nama yang ente pajang, kaga bakal ngerubah ente jadi orang lain. makanya, sekarang ini banyak orang yang punya lebih dari satu nama.

Contoh riilnya gwa. Percaya atau kaga, kalau dihitung-hitung ada lima buah nama yang resmi gwa sandang. Dan semuanya aktif didengungkan hingga sekarang. Tentu aja, di tempat dan di situasi yang brbeda.

Di rumah gwa punya panggilan sendiri, di rumah nenek juga ada panggilan sayang sendiri, di kampus dan tempat kerja ada sendiri, pas kenalan ama orang ada sebutan sendiri, dan terakhir temen-temen sekul gwa juga punya sebutan sendiri buat gwa.

sebenernya seperti yang tercatat di akte kelahiran nama resmi gwa tuh Igna Ardiani Astuti *nama belakang gwa sempat mcnjadi polemik antara bokap dan nyokap*. Maap, maap kate ye, kalo kaga salah arti nama gwa lumayan dahsyat bow. Kurang lebih "api dari bumi yang baik hati" *hehehehe...nggak jelas ya maknanya*

Namun, sejak kecil gwa kaga pemah ngerasain dipanggil Igna. Soalnya, lidah orang rumah temyata kaga fasih melafal kata Igna. Maka jadilah Igna berubah wujud menjadi lik. Kate-katenye sih, kata Iik bermuasal dari suku kata pertama nama depan gwa "Ig" yang mendapat repetisi menjadi lik.

akhirnya, orang sekampung ikut-ikutan manggil putri pertama bapak nawikan dan Ibu Suwarni ini sebagai Iik. Sampai sekarang. Makanya, jangan harap ente sekalian bakal nemuin Igna di kampung Dukuh Pakis. Nyari Sampai beranak marmut pun kaga bakal ketemu

Menginjak umur empat tahun, gwa diterbangkan dari Surabaya menuju Jombang Dan
secara resmi, kota ini jadi "sarang" kedua gwa. Di sana gwa di titipin di rumah nenek. Maklum, di Surabaya ada adek gwa yang masih berumur dua tahun. Ceritanya, biar ibu kaga kerepotan ngurus dua bocah bandel.

Awalnya, gwa masih dipanggil Iik. Hingga, suatu ketika tayang sebuah acara tipi laknat bertajuk Ria jenaka. Di sana ada satu tokoh favorit bulikku *she is my beloved nany*, namanya Galiok. Gwa nggak ngerti, kok bisa-bisanya dia nge-fans sama jin iprit itu. udah tampangnya jauh dari ganteng, perut gendut, item pula.

Saking cintanya sama galiok, bulikku seenaknya nganugerahin nama itu buat gwa. Katanya, "itu tandanya kamu resmi jadi makhluk favoritku." whatzz?! Yang bener aje nih, masak bocah imut nan lucu sepertiku dikasih nama nggak mutu!! what a stupid name. bisa turun derajat nich gwa!

Tapi, lagi-lagi anak kecil bisa apa sih. Makanya, meski bulikku teriak-teriak manggil gwa galiok di tengah pasar, gwa iya-in aja. Bahkan Sampai sekarang kalau kebetulan gwa bertandang ke sana, bulikku masih manggil aku galiok. Orang-orang ketawa ngakak, aku merana damn!

gedean dikit, gwa balik lagi ke Surabaya tercinta. Di kota yang makin padat ini gwa balik lagi dengan sebutan Iik. Namun, yang ngebuat gwa terharu, gwa baru bener-bener ngerasain dipanggil nama asli gwa pas SMP.
"Hai, namamu siapa?
"Igna. kamu siapa?”
"Senja. Jajan ke kantin yuk Igna,"
"Ayuk,"

Ow, ow, betapa indahnya dunia. masa SMP gwa terasa begitu manis dan menyenangkan. Sampai menginjak bangku SMA gwa harus mengalami mimpi buruk lagi.

Bermula dari keikutsertaanku di smalapala * SMA 5 pecinta alam*. Untuk menjadi anggota, gwa kudu ikutan diklat dulu slama seminggu. Sumpah, 7 hari diklat kayak seminggu dalam neraka.

Pulang-pulang, muka bengep semua, tangan dan kaki penuh luka, plus kulit menghitam Yeah, igna yang cantik berubah menjadi buruk rupa. bahkan selama sebulan recovery. kulit gwa tak kunjung pulih seperti semula. Padahal, temen-temen udah pada menuju titik cerah. Sampai suatu ketika ada seorang senior yang usil banget

"Na, koen kok tambah ireng seh. Ooohh. pancene koen iku gosong,"
"lyo, kegosongen koen iku. Song, gosong!"

Voila, sejak saat itu, kaga ada lagi nama Igna. Yang ada hanyalah "gosong" penghuni 1-5. Bangsaatt!! Tapi, sebutan gosong kemudian kaga sering didengungkan semenjak peristiwa pendakian penanggungan.

Smalapala memang sering banget ngadain kegiatan alam. acara itu ga cuman buat anggota aja, tapi terbuka juga untuk semua siswa SMA 5. Nah, biar suasana tambah akrab, perjalanan dengan truk itu diisi dengan perkenalan. maklum, namanya juga masih kelas satu masih belum banyak yang kenal.

Senior : "Yak, sekarang perkenalan satu-satu. Mulai dari pojok sana"
Anak 1 : "Nama saya Elok, dari kelas 1-1"
Anak 2 : "Saya Elaine, kelas 1-1 juga"
(bla, bla, bla)
Senior : "Sudah selesai? Oh, belum. Oke kamu yang paling pojok, perkenalkan dirimu,"
Me : "Hmm..kenalkan nama saya Inem, janda beranak dua. saya kelas 1-5"
Seluruh penumpang: "......" wahahahahahahahaha...ineeemmm!!!

Yeah wright, gwa nggak nyangka kalau nama itu bakal melekat selamanya didiri gwa. padahal, gwa cuman niat iseng. biar acara perkenalanku lain daripada yang lain. sekarang, seantero dunia manggil gwa sama nama ini. busyet dah!!

1 Comments:

At 4:51 PM , Blogger juanda bukan bandara said...

gosong.... huahahahaha... gilak.. anak2 yang uda pada putih.. kok kmu masi item... itu bukan nama panggilan aja.. itu dah bawaan lahir kl kmu guosong.. huahahaha..

peace..

jujuk n pop

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home